Baju Muslim Modern Batik

Batik
Baju Muslim Modern Batik - Batik salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi yang sudah menjadi bagian dari budaya negara Indonesia. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan pada kain tersebut, yang pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

UNESCO sendiri telah menetapkan bahwa batik adalah sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi sejak oktober 2009. Dahulu perempuan-perempuan Indonesia khususnya di jawa menjadikan keterampilam mereka dalam membatik.
Tradisi membatik awal mulanya merupakan tradisi turun temurun, sehingga pada suatu suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa contohnya motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton yogyakarta dan surakarta. Pertamakali diperkenalkannya batik kepada dunia oleh Presiden Soeharto yang pada saat itu beliau sednag memakai batik pada konferensi PBB. Jenis batik sendiri terdiri dari beberapa, secara teknis ada 3 yaitu;
  1. Batik tulis
    Adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis tulis ini biasanya memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 bulan.
  2. Batik Cap
    Adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan menggunakan cap, biasanya bahan cap tersebut terbuat dari tembaga. Untuk proses pembuatan batik cap ini memakan waktu pembuatan 2 sampai 3 hari, lebih cepat dari pada batik tulis.
  3. Batik lukis
    Batik lukis ini proses pembuatan dengan secara langsung melukis pada kain putih, proses pembuatannyapun tergantung pada kerumitan atau kemudahan pada gambar yang dilukis.




Batik setelah di akui Oleh Dunia dan merupakan warisan nenek moyang indonesia, seiring dengan kemajuan teknologi dan jaman yang semakin modern, batik di aplikasikan pada dunia fashion termasuk diaplikasikan pada baju muslim atau busana muslim. Hal ini baju muslim menjadi sangat terlihat modern dan berkelas. Karena begitu modern dan berkelas, kebanyakan busana batik ini digunakan untuk pergi ke acara formal, pesta dan bekerja dikantor.

Diatas adalah beberapa busana atau salah satu jenis baju batik kerataon, anda bisa mencocokan kembali dengan cardigan dan kerudungnya. Batik keraton sendiri adalah salah satu awal mulanya dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motif pada jenis batik keraton ini mengandung makna filosofi hidup. Dahulunya batik-batik ini dibuat oleh para putri keraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidp di lingkungan kraton. Jika dulu barik ini terlarang untuk orang-orang biasa sekarang Anda bisa membeli dan memakainya sepuas yang Anda mau. Karena dahulu batik keraton pada dasarnya terlarang untuk digunakan oleh orang biasa. Beberapa motif batik yang terlarang digunakan adalah batik parang barong, batik parang rusak, termasuk batik udan liris, dan masih banyak lainnya.